Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Concrete Pump Pompa beton Untuk Bangunan Anda

Feb - 20
2018

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Concrete Pump Pompa beton Untuk Bangunan Anda

Berikut ini artikel kami indonesia ready mix akan menyampaikan info terkait Kelebihan Menggunakan Concrete Pump Pompa Beton Untuk Bangunan Anda

Concrete Pump atau bisa di sebut juga pompa beton, merupakan alat pemindah beton dari mobil beton ready mix kelokasi proyek.

Concrete pump rental

Concrete pump

concrete pump juga memiliki beberapa varian dan tentunya memiliki perbedaan harga dan tergantung lokasi yang akan di cor.

Diantaranya yaitu ;

Pompa Standar

Jangkauan belalai 18 Meter

Dimensi mobil Panjang 8 Meter Lebar 3 Meter Tinggi 3.7 Meter

Pompa Mini

Jangkauan 15 Meter

Dimensi Mobil Panjang 6 Meter Lebar 2.2 Meter Tinggi 3.4 Meter

Pompa Longboom

Jangkauan Belalai 24 Meter

Dimensi mobil panjang 9 Meter Lebar 3 Meter Tinggi 4 Meter

Pompa Super Long Boom

Jangkauan Belalai 35 Meter

Dimensi mobil panjang 12 Meter Lebar 3 Meter Tinggi 4.2 Meter

Pompa Masterlong boom

Jangkauan Belalai 50 Meter

Dimensi mobil 15 Meter Lebar 3.2 Meter tinggi 4.5 Meter

Ada juga jenis pompa lain yang tidak memakai belalai yaitu Pompa Kodok dan portable ( pompa moli )

Pompa Kodok

Pompa jenis ini bisa menjangkau sampai lantai 10 bahkan lebih secara vertikal, jika setting horizontal bisa sampai 200 meter atau lebih, dari segi harga, pompa kodok juga terbilang mahal, karena jenis pompa ini langka di Indonesia, dan untuk membawanya pun harus di derek menggunakan mobil engkel

Pompa kodok
Kelebihan dan kekurangan concrete pump

Pompa Portable atau Pompa Moli

Kemudian ada 1 jenis lagi yaitu pompa moli, jenis pompa ini berbentuk sama dengan pompa standar, mini atau pun longboom, Namun pomoa moli tidak memiliki belalai. Jangkauan pompa moli sama persis dengan pompa kodok, cuma yang membeda kan yaitu harga sewa pompa moli lebib murah dari pada pompa kodok.

Pompa moli portable
Kelebihan dan kekurangan menggunakan concrete pump

Itu lah sekilas tentang macam macam pompa dan kegunaan nya, kembali ke konteks masalah Kelebihan dan kekurangan menggunakan concrete puml pompa beton pada sebuah bangunan diantara nya kami akan jabarkan dibawah ini

KELEBIHAN MENGGUNAKAN CONCRETE PUMP / ALAT POMPA BETON

Mengapa harus menggunakan concrete pump dalam pengecoran ? berikut adalah alasan mengapa penggunaan Concrete pump sangat perlu dalam sebuah proyek.

Cost efficiency (lebih hemat)

jika kita asumsikan 1 kubik itu dikonversi dalam sebuah wadah, maka 1 kubik readymix sama dengan 2 mobil losbak, maka jika kita asumsikan pengecoran dengan 10 kubik maka sama saja kita harus mengangkut beton / readymix ke titik pengecoran sebanyak 20 mobil losbak ! untuk pengecoran 10 kubik secara manual kita paling tidak membutuhkan 15 tenaga pekerja, tapi jika menggunakan concrete pump, kita hanya membutuhkan 5 tenaga pekerja saja.

Lebih Rapi

Dalam pengerjaan pengecoran secara manual pasti akan menyisakan ceceran beton yang tumpah dari ember, dengan menggunakan concrete pump pengerjaan akan lebih rapi karna readymix didistribusikan dengan boom (belalai)

Hemat waktu

Untuk pendistribusian Readymix dengan cara manual membutuhkan 4 jam untuk 7 kubik, dengan tenaga 15-20 orang dengan jarak 10 – 15 meter dari parkir mobil, jika 14 kubik maka waktu pengerjaanpun bisa 2 kali lipatnya, akan tetapi dengan menggunakan Concrete pump hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk pendistribusian 7 kubik dengan tenaga hanya 5 orang!

Kualitas beton lebih terjaga

Seperti yang kita tahu bahwa Readymix atau beton cor memiliki toleransi sekitar 5 jam sebelum mengeras / beku, maka dengan pengerjaan manual sangat beresiko, akan tetapi kemungkinan seperti itu dapat diminimalisir dengan penggunaan Concrete pump !

Kemudian dari beberapa Kelebihan menggunakan concrete pump pompa beton, disini kami juga akan menjabarkan juga tentang Kekurangan menggunakan concrete pump pompa beton untuk bangunan anda

Concrete pump atau alat pompa beton memiliki kekurangan diantara nya yaitu

Kekurangan menggunakan Concrete Pump / Alat Pompa Beton

Harga sewa mahal

Jika pada proyek dengan pengerjaan betonisasi bervolume sedikit akan sangat mahal biayanya dibanding pengecoran secara manual dan menggunakan teknik estafet

Suara Bising Mesin

Pompa beton menggunakan tenaga mesin diesel dengan bahan bakar solar, dan menggunakan sistem hidraulik untuk memompa beton. Pada saat pengerjaan cor akan sangat bising, sama ketika kita mendengarkan suara mesin diesel pada umumnya

Demikiam lah artikel kami yang membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Concrete Pump Pompa beton pada sebuab bangunan mudah mudah bermanfaat bagi anda.

Untuk mengetahui berapa biaya alat pomoa Beton Bisa Mengunjungi situs mitra kami

Di indojayamix.com